Tosari - APEL DAN PEMBINAAN LINMAS MENJELANG PILKADES 2022

APEL DAN PEMBINAAN LINMAS MENJELANG PILKADES 2022

(Tosari.desa.id) 13/10/2022  – Pemerintah Desa Tosari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap seluruh anggota Satlinmas untuk Persiapan Pilkades 2022. Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Desa diwakili oleh Sekretaris Desa, Wahyu Eko Setiawan S. Kom bersama Babinkantibmas Aiptu Taofik Saputra dan Babinsa Sersan Dua Suwarsono pada Satuan Pelindung Masyarakat  Desa Tosari ini dilaksanakan secara baik dan lancar.  Pembinaan ini di peruntukan sebagai persiapan pengamanan di TPS maupun  di Balai Desa guna menjaga kondusifitas dan kelancaran Proses pemilihan Kepala Desa di Desa Tosari Kecamatan Brangsong. 

Anggota satlinmas yang berjumlah 24 Personil akan di tempatkan di 7 TPS (Tempat Pemungutan Suara), dimasing masing TPS terdapat 2 Satlinmas dan selebihnya akan di tempatkan Standby 24 Jam di kantor Balaidesa untuk menjaga logistik Pilkades. 

Kegiatan pembinaan anggota Linmas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa ini adalah untuk melakukan monitoring kesiapan anggota Satlinmas Desa dalam rangka persiapan pelaksanaan pengamanan kegiatan Pilkades Serentak nantinya. Dengan melaksanakan monitoring terkait kesiapan anggota Satlinmas, baik dari segi jumlah personil yang terlibat serta dari segi sarana praasarana maka diharapkan nantinya pada pelaksanaan pemilihan kepala desa dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sebagaimana diatur dalam Permendagri No. 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat, pasal 27 ayat (2) huruf a bahwa tugas tambahan Satlinmas Desa adalah membantu penanganan ketenteraman, ketertiban umum dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa.

Maka melalui kegiatan monitoring kesiapsiagaan anggota Satlinmas ini diharapkan kepada seluruh anggota Satlinmas Desa dapat mempersiapkan diri dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik tentunya disesuaikan dengan batasan-batasan kewenangannya serta tetap dapat berkoordinasi dengan aparat keamanan terkait di wilayahnya masing-masing, sehingga pelaksanaan Pilkades Desa Tosari Tahun 2022 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

 


Dipost : 13 Oktober 2022 | Dilihat : 564

Share :

s