Tosari - MUSDES KHUSUS BERLANGSUNG TERBUKA, DESA TOSARI TETAPKAN 140 KK CALON PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA.

MUSDES KHUSUS BERLANGSUNG TERBUKA, DESA TOSARI TETAPKAN 140 KK CALON PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA.

tosari.desa.id, Tosari - Musyawarah Desa Khusus Desa Tosari, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal yang membahas calon pemerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) berlangsung terbuka pada Kamis sore (30/4) yang diselenggarakan di aula Balai Desa Tosari.

Musyawarah dipimpin langsung oleh Ketua Badan Permusyawara Desa (BPD), Aris Suwondo didampingi Camat Brangsong, Kepala Desa dan Sekretaris Desa serta, Babinsa, Babinkamtibmas desa Tosari, menetapkan pemerima BLT DD sebanyak 140 KK.

Kepala Desa Tosari, Jumadi meyampaikan bahwa menjaga transparansi Musdes khusus adalah suatu kewajiban yang harus kita laksanakan agar semua elemen masyarakat dapat memberikan masukan pada pemerintah desa dalam menentukan arah kebijakan.

"Saya harus memastikan musdes khusus ini dapat berjalan dengan transparan dan semua unsur keterwakilan masyarakat kita hadirkan agar keputusan yang diambil dapat diterima oleh semua pihak dan jangan percaya akan isu isu miring di tengah masyarakat, bila mendapati hal tersebut bisa di konfirmasikan ke Pemdes maupun RT, RW setempat" jelasnya

"Dari hasil pendataan tim relawan desa, yang berasal dari masing masing ketua RT dan di koordinasikan oleh RW kemudian di teruskan ke pada Pemerintah Desa, jumlah penerima BLT DD sebanyak 140 KK tersebar di seluruh penjuru Desa Tosari.

Ia juga berharap, karena ini sudah melalui tahapan pendataan dan validasi melalui musdes nantinya tidak akan timbul polemik setelah dilakukan penyaluran pada penerima BLT DD.

Wahyu Eko Setiawan dalam hal ini sebagai Sekretaris Desa, membacakan secara terperinci data Penerima Bantuan Langsung Tunai dan menyebutkan beberapa bantuan yang sudah di gelontorkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah diantaranya, Bantuan Sosial Pusat sebanyak 190 KK, kemudian ada program yang sudah lebih dulu yaitu PKH sebesar 96 KK dan BPNT sebanyak 62 KK dan terakhir Bantuan Sembako Non Reguler dari Pemerintah Kabupaten Kendal sebanyak 121 KK Penerima.
Menurut hitung hitungan secara keseluruhan bantuan tersebut sudah bisa mengkover 60% jumlah Kepala Keluarga yang ada di Desa Tosari.
Setelah di bacakan jumlah penerima berdasar hasil musyawarah, Kemudian Kepala Desa rengan resmi menggedok dan memutuskan nama nama usulan masing masing penerima dari ketua RT dalam Forum Musdes Khusus untuk140 KK penerima BLT DD.
Sekretaris Desa dalam hal ini menyampaikan, "Pemerintah Desa juga masih mengharapkan akan ada bantuan lagi dari Provinsi Jawa Tengah seperti yang sudah di sampaikan Gubernur Ganjar Pranowo kepada media untuk Masyarakat terdampak Coviď-19 sehingga nanti bisa lebih mengakomodir masyarakat desa lebih banyak lagi. Karena Covid-19 menimbulkan dampak yang luar biasa kepada semua lapisan Masyarakat".

"Hasil musyawarah desa khusus ini akan segera kami buat Berita Acaranya dan sesegera mungkin akan kami sampikan ke Bupati melalui Camat Brangsong," imbuhnya. 


Dipost : 03 Mei 2020 | Dilihat : 768

Share :

s